RSS
MAAF MASIH DALAM PERBAIKAN & PENYEPURNAAN - Sorry my WebBlog Within Remedical

Kamis, 13 September 2012

TAHUKAH ANDA!

MANFAAT MEMELIHARA KUCING

Kucing merupakan hewan yang disukai Nabi. bahkan salah satu sahabat Nabi, yaitu Abu Hurairah sangat menyukai dan memelihara hewan berebulu halus ini. Ternyata banyak manfaat saat orang memelihara kucing. Banyak hasil Studi menyebutkan bahwa orang yang mamalihara kucing mempunyai tingkat kesehatan yang bagus, baik secara fisik maupun psikologis di usia senja. Studi pada pertemuan Tahunan Asosiasi Stroke Amarika pada tahun 2008 menyebutkan bahwa memelihara kucing memeliki kemungkinan kecil terkena serangan jantung atau stroke. Anak2 yang mempunyai kucing sebagai binatang peliharaan memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi.


MAKNA PAKAIAN IHRAM DALAM HAJI

Pakain Ihram dalam pelaksanan haji melambangkan pola, preferensi, status dan perbedaan-perbedaan tertentu. tak dapat disangkal bahwa pakaian pada kenyataannya berfungsi sebagai pembeda antara seseorang atau kelompok. Perbedaan status sosial, ekonomi atau profesi. Pakaian juga dapat memberi pengarus psikologis pada pemakainya. Namun ketika seseorang menjalankan Haji perbedaan itu menjadi hilang. Semua sama di mata Allah ketika sudah mengenakan pakaian Ihram yang serba putih.


PENTINGNYA MEMAHAMI ASBAB AN-NUZUL

Ibnu Taimiyyah pernah berkata "Pengetahuan tentang asbab an-nuzul (sebab turunya ayat al-Qur'an) membantu memahami kandungan ayat tersebut. Karena dengan mengetahui sebab turunnya ayat seseorang dapat mengetahui akibat yang merupakan buah dari sebab itu. Beberapa orang dari kalangan salaf tidak jarang mengalami kesulitan dalam memahami makna2 ayat  Al-Qur'an. Namun ketika mereka mengetahui sebab turunnya ayat tersebut hilanglang kesulitan yang menghalangi pemahaman mereka. Artinya dalam memahami ayat Al-Qur'an hendaknya dipahami pula bagaimana ayat itu bisa diturunkan aleh Allah SWT.


TIGA GOLONGAN MANUSIA

Menurut al-Hasan al-Bashri, berdasarkan cara pengukanapan pendapatnya. manusia dapat terbagi menjadi tiga golongan,

Pertama: mereka yang mempunyai pendapat dan suka dimusyawarahkan.

Kedua  : mereka yang mempunyai pendapat, tetapi tidak suka bermusyawarah; dan

Ketiga  : mereka yang tidak mempunyai pendapat dan tidak suka bermusyawarah.



KESIBUKAN MALAIKAT DI HARI JUM'AT

Beruntunglah mereka yang rajin menunaikan shalat Jum'at. Sebab di hari itu sebagai mana riwayat Ali bin Abi Thalib ra. bahwa ia mendengar Nabi Muhammad saw. pernah bersabda :
"Pada hari Jum'at itu ada 70 malaikat akan duduk disetiap pintu masjid untuk mencatat nama-nama yang sampai datangnya laki-laki terakhir saat imam sedang duduk di atas mimbar. Dimana laki-laki tersebut menyakiti orang lain di majelisnya dan tidak berkata-kata kecuali dengan kata-kata yang baik, maka lelaki itu akan masuk kelompok orang yang mendapat serendah-rendahnya pahala hari Jum'at"


EMPAT BASUHAN ANGGOTA TUBUH

imam al-Qusyairi berkata. " Basuhlah empat anggota tubuhmu dengan empat hal. Wajahmu basuh dengan air wudhu. Lisanmu basuh dengan zikir kepada Allah, hatimu basuh dengan taqwa dan dosamu basuh dengan taubat."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar